Mengenal Tipe Data String Dalam Javascript

Mengenal Tipe Data String Dalam Javascript

Sebelumnya kita pernah Mengenal Apa itu Tipe Data Dalam Javascript ? nahh sekarang kita akan melanjutkannya.  Pada perkenalan kita sudah mengenal tipe data dasar dalam javascript, yaitu tipe data number (angka). Untuk sekarang kita akan belajar tipe data string.

Apa itu Tipe Data String Dalam Javascript ?

Tipe data string di dalam javascript sama dengan bahasa pemograman lainnya, yaitu tipe data tipe data yang terdiri dari kumpulan karakter. Satu hal yang membuat string di dalam javascript itu menjadi menarik, yaitu string pada Javascript direpresentasikan dalam format Unicode 16-bit, maksudnya adalah string pada javascript itu bisa menggunakan karakter - karakter khusus, seperti karakter, jepang, arab, dan lain lain. Oleh karena itu penggunaan tipe data string dalam javascript itu sangat memudahkan kita jika kita menggunakan multi bahasa.

Cara Membuat Tipe Data String Dalam Javascript

Untuk membuat sebuah tipe data string di dalam javascript itu kita hanya tinggal menambahkan tanda kutip, baik itu tanda kutip satu (') atau dua (") pada awal text dan akhir text.  Perhatikan contoh tipe data string javascript berikut ini.
<script>
var str = "Ini adalah sebuah string.";;
var str1 = 'dia berkata:"hello World!"';
</script>
pada contoh di atas, itu adalah string primitive yang dianggap sebagai tipe data dasar. Selain termasuk ke dalam tipe data dasar, javascript juga mempunyai string yang dianggap sebagai objek. Jika di lihat mungkin tidak memiliki perbedaan tetapi jika di jalankan maka akan terlihat perbedaanya, karena string objek dalam javascript itu memiliki property dan method tersendiri. Berikut ini adalah contohnya,
<script>
var objek = "Ini adalah objek string";
var length = objek.length; // 23
 
alert(length);
</script>
Mungkin penjelasan mengenai String Objek dalam javascript saya akan jelaskan dilain hari. Terimakasih sudah membaca, dan semoga tutorial ini bisa bermanfaat dan membantu untuk semuanya,

No comments:

Post a Comment