Memahami Variabel Dalam Javascript

Pada tutorial kali ini Blog Pintasku akan membahas seputar Tutorial Belajar Javascript,  mungkin sebelumnya kita pernah belajar Memahami Aturan Penulisan Kode Javascript. dan sekarang kita akan mempelajari Apa itu Variabel Dalam Javascript ?


Memahami Variabel Dalam Javascript

Pengertian Variabel Dalam Javascript ?

Variabel adalah tempat untuk menyimpan nilai atau informasi. Variabel di dalam JavaScript dapat bertipe Angka, String, Boolean, dan lain-lain. Pembuatan sebuah variabel di dalam javascript itu bersifat opsional artinya kita dapat mendeklarasikan atau tidak hal tersebut tidak menjadi masalah, karena JavaScript memiliki sifat “Weakly Typed”.

Sifat Weakly Typed artinya adalah JavaScript tidak membutuhkan pembuatan tipe data, melainkan hanya membutuhkan nama variable dan isinya.

Aturan Pembuatan Variabel Dalam Javascript

  1. Pada karakter pertama menggunakan Huruf,  UnderScore dan karakter $ 
  2. Tidak dapat menggunakan spasi
  3. Javascript bersifat case sensitive, artinya huruf kecil dan huruf besar adalah berbeda.
  4. Yang terpenting kombinasikan karakter-karakter yang diperbolehkan untuk menciptakan nama variabel yang sekira-kira mudah dimengerti oleh orang lain, terutama yang membuatnya.
  5. Kita dapat mendeklarasikan variabel JavaScript dengan awalan kata kunci var

Membuat  Variabel Dalam Javascript

Nahh sekarang kita akan membuat sebuah variabel, perhatikan contoh kode berikut ini.
<script>
  var nama;
  var alamat;
  document.write(nama);
  document.write(alamat);
</script>
Pada contoh di atas maka hasilnya akan kosong karena tidak diberi nilai, jika diberi nilai maka kodenya berikut ini.
<script>
  var nama="lutfi";
  var alamat="garut";
  document.write(nama);
  document.write(alamat);
</script>

Variable Scope Javascript

Scope jika di artikan ke dalam bahasa indonesia berarti jangkauan atau cangkupan.  Jadi maksud dari Variable scope adalah konsep  tentang pembatasan akses dari sebuah variabel. Sebagai contoh deklarasi variable di JavaScript dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :
  1. Variable Lokal (explisit)
  2. Dari namanya juga sudah tahu kalau maksud dari Variabel Lokal ini adalah sebuah variabel yang di deklarasikan di dalam fungsi, maka variabel tersebut hanya akan bisa diakses di dalam fungsi tersebut. Perhatikan contoh kode berikut ini.
    var localScope = function () {
        var localVar = "Hello, World!";
        alert(localVar);
      };
     
    localScope();
    alert(localVar);​
    Pada contoh di atas, jika di jalankan maka hasilnya akan muncul fungsi alert 1 kali, karena alert di luar function tidak dapat membaca localVariable yang posisinya di dalam function localScope. Tapi sebaliknya jika kita ingin mengakses variable di luar function, maka kode di atas di tulis lagi menjadi seperti kode dibawah ini.
    var globalVar = "Saya adalah variable global"
     
    var localFunction = function () {
        alert(globalVar);
        globalVar = "Ganti variable global melalui fungsi lokal";
        alert(globalVar);
      };
     
    localFunction();
    alert(globalVar);​
    Hasilnya akan muncul 3 kali alert, yang pertama akan muncul tulisan yang di deklarasikan pada variable global, dan yang kedua dan ketiga akan tulisan kalimat yang kita set pada variable global
  3. Variable Global (implisit)
  4. Sesuai dengan namanya, yaitu global yang berarti variable atau function yang dideklarasikan di dalam global scope akan dapat diakses oleh seluruh kode yang Anda buat, baik di luar maupun di dalam function. Berikut ini adalah contoh variable global. 
    var iniVarGlobal = "saya";
     
    alert(iniVarGlobal);
    Variable iniVarGlobal bisa diakses oleh setiap kode yang ada, baik di luar, maupun di dalam function, bahkan bisa juga di akses oleh library JavaScript yang kita gunakan di dalam suatu halaman web. Oleh sebab itu pemakaian global scope sangat beresiko, karena jika salah satu dari variable yang kita buat ternyata juga dipakai oleh bagian kode yang lain, maka salah satu atau kedua variable tersebut tidak dapat diakses sesuai dengan yang seharusnya.


No comments:

Post a Comment