Cara Mudah Mengganti Template Blogger

Cara Mudah Mengganti Template Blogger-Cover

Oke pada kesempatan kali ini Blog Pintasku akan memberikan Tutorial Blogger, sebelumnya saya pernah memberikan Tutorial Cara Membuat Daftar Isi Sederhana Di Blogger, nahh untuk sekarang kita akan belajar Cara Mengganti Template (Tema) Blogger, tentunya Tutorial ini di buat untuk para pengguna platform blogger (blogspot), oke langsung saja berikut tutorialnya.

Cara Mudah Mengganti Template Blogger

Sebelum mengikuti tutorialnya, pastinya sobat harus sudah menyiapkan file atau kode template blogger, jika menggunakan file, biasanya file tersebut selalu menggunakan ekstensi .xml. Nahh untuk mendapatkan template blogger sobat bisa mencari di search engine.Sedangkan untuk mengganti template blogger itu, bisa menggunakan 2 cara, yaitu : 
  1. Mengupload file template yang ber ekstensi .xml ke blogger.
  2. Memindahkan kode, kode tersebut berisi Tag untuk blogger dan beberapa bahasa pemograman web, seperti HTML, CSS, Javascript.

1. Menggunakan Cara Pertama

Jika menggunakan cara yang pertama, yaitu dengan Mengupload file template yang ber ekstensi .xml ke blogger, memang terbilang sangat mudah, karena kita hanya perlu mengikuti panduannya berikut ini.
  1. Login Ke Blogger
  2. Masuk ke menu Templates.
    Cara Mudah Mengganti Template Blogger
  3. Klik tombol, Backup/Restore (Cadangkan/Pulihkan), yang terletak di pojok kanan atas.
    Cara Mudah Mengganti Template Blogger
  4. Maka akan muncul popup seperti gambar dibawah. Jika sobat ingin membackup atau mencadangkan template yang dipakai, klik "Download Full Template" sebaiknya di backup.
  5. Jika sudah di backup, sekarang tinggal meng upload file, dengan klik tombol "Choose File", lalu cari file templatenya yang sudah sobat siapkan.
  6. Klik "Unggah".
  7. Done.
Biasanya cara yang pertama ini sering terjadi error, yang disebabkan oleh widget yang sudah sobat pasang pada blog, maka solusinya adalah dengan cara mengikuti Cara mengganti template yang kedua, dibawah ini.

2. Menggunakan Cara Kedua.

Nahh cara yang kedua ini menurut saya terbilang sangatlah sederhana, karena kita hanya akan memindahkan isi dari file template ke dalam blogger, berikut tutorialnya.
  1. Buka file template dengan menggunakan text editor, baik itu menggunakan notepad biasa atau notepad ++.
  2. Jika sudah dibuka, sekarang masuk ke  dalam menu "Templates", tetapi sekarang kita akan masuk ke bagian "Edit HTML".
    Cara Mudah Mengganti Template Blogger
  3. Maka akan muncul kumpulan kode template blogger, lalu hapus semuanya.
  4. Sekarang Copy seluruh kode yang terdapat di dalam file template tadi ke dalam bagian Edit HTML.
    Cara Mudah Mengganti Template Blogger
  5. Jika sudah dipindahkan sekarang "Simpan Templates"
    Cara Mudah Mengganti Template Blogger
  6. Done
Oke sekian Tutorial Cara Mudah Mengganti Template Blogger, semoga tutorial ini bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih

No comments:

Post a Comment