Memahami Penulisan Kode Javascript

Pada kesempatan kali ini Blog Pintasku membahas seputar Tutorial Dasar Javascript, sebelumnya saya pernah menjelaskan tentang Apa Itu Javascript ? nahh untuk sekarang saya akan menjelaskan mengenai Memahami Penulisan Javascript.

Memahami Penulisan Kode Javascript

Di dalam Javascript, setiap syntax javascript itu selalu di akhiri dengan tanda titik koma ";", dan javascript itu merupakan bahasa pemograman yang bersifat case sensitive, maksudnya case sensitve adalah penulisan huruf besar dan kecil itu sangatlah berpengaruh jadi ketika kita menuliskan suatu variabel dalam javascript itu harus konsisten.

Mengenal Istilah Whitespace Dalam Javascript

Di dalam javascript ada sebuah istilah whitespace dimana istilah whitespace ini adalah sebutan untuk karakter-karakter yang tidak terlihat seperti spasi, enter, tab dan lain-lain. Karakter yang tidak terlihat atau whitespace itu akan di abaikan ketika saat pemrosesan javascript. Karakter ini biasanya digunakan untuk memberi tanda atau menjorokan (indent) kode javascript supaya bisa lebih mudah dibaca.

Statement Javascript

Statemen di dalam javascript adalah perintah untuk browser. Jadi sudah jelas kalau statemen itu berfungsi untuk memberitahu browser, apa yang harus dikerjakannya. Contoh : Misalnya kita ingin merubah tulisan yang berada di element/tag dengan memiliki Id "contoh" kode HTMLnya adalah berikut ini.
<p id=”contoh”>Hallo !! Sobat</p>
Sedangkan Javascriptnya adalah berikut ini,
document.getElementById(“sample”).innerHTML=”Hallo Dunia…”;
Dengan kode di atas maka browser tidak akan menampilkan tulisan "Hallo !! Sobat" melainkan akan menampilkan tulisan "Hallo Dunia".

Semicolon (;)

Semicolon atau tanda (;) berfungsi untuk memisahkan statement satu dengan statement lainnya. Penggunaan semicolon juga digunakan untuk memisahkan statement menjadi berbeda baris. Berikut ini adalah contohnya :
<script>
x= document.getElementById(“demo”);
x.innerHTML=”Hello Java…”;
document.getElementById(“myDIV”).innerHTML=”How r u?”;
</script>
Sebenarnya juga kita bisa tidak menggunakan semicolon, karena di dalam javascript ada sebuah istilah ASI yang merupakan singkatan dari Automatic Semicolon Insertion, yang memungkinkan kita untuk tidak menuliskan semicolon. Karena secara otomatis baris-baris statement yang kita tulis akan dianggap telah sempurna. Tetapi, disarankan agar tetap memberikan tanda semicolon (;) pada setiap akhir baris statement. 

Penulisan Identifier

Identifier adalah sebutan untuk nama. Nama ini bisa terdiri dari nama variabel, atau nama dari fungsi. Aturan aturan penulisan Identifier dalam Javascript.
  • Pada karakter awal atau pertama harus di awali dengan huruf, underscore (_) atau tanda dollar ($)
  • Pada karakter kedua atau selanjutnya bisa ditambahkan dengan huruf, angka, underscore (_) atau tanda dollar ($).
Berikut ini adalah contoh penulisan variabel yang benar :
<script>
   $pintasku
   _tempat
   b3l4j4r
</script>

No comments:

Post a Comment