Memahami Tipe Data Boolean Dalam Javascript

Memahami Tipe Data Boolean Dalam Javascript

Kali ini Blog Pintasku akan membahas Tutorial Belajar Jaascript, dimana pada kesempatan ini kita akan belajar Memahami Tipe Data Boolean Dalam Javascript, sebelumnya kita pernah belajar Mengenal Tipe Data String Dalam Javascript. Oke langsung saja ke pembahasan utama.

Pengertian Tipe Data Boolean Dalam Javascript

Tipe data Boolean adalah tipe data yang hanya mempunyai dua nilai, yaitu True (Benar) dan False (Salah). Penggunaan tipe data boolean ini digunakan sebagai ‘pengontrol’ alur program. Selain itu kita juga bisa melakukan operasi boolean seperti AND, OR dan NOT pada tipe data boolean.

Tipe data boolean juga bisa di bilang juga hasil yang didapat dari operasi perbandingan, misalnya apakah variabel a lebih besar dari variabel b atau sebaliknya, dan apakah variabel a sama dengan variabel b.

Untuk mempresentasikan tipe data boolean dalam javascript  itu bisa bermacam-macam, misalnya True (benar) atau 1 dan SALAH bisa berupa FALSE atau 0. Nilai boolean bisa diset dengan suatu nilai tertentu atau bisa juga dihasilkan dari sebuah kondisi. Perhatikan contoh berikut ini.
x = true // x bernilai benar
9>5 //kondisi ini menghasilkan nilai benar
y=false // y bernilai salah
9<5 //kondisi ini menghasilkan nilai salah

Aturan Konversi Tipe Data Boolean

Jika tidak di pahami dengan benar, melakukan konversi tipe menjadi data boolean ini sering menjadi sumber kesalahan (Error), oleh karena itu kita harus memamhaminya dengan benar. Di dalam Javascript itu terdapat 6 nilai yang akan menghasilkan nilai boolean false, atau di kenal juga dengan sebutan "falsy value", antara lain, sebagai berikut.
  • 0
  • -0
  • NaN
  • “” (string kosong)
  • undefined
  • null
Selain nilai yang terdapat pada nilai di atas, maka nilai tersebut adalah boolean true, termasuk juga termasuk array dan objek ‘kosong’.

No comments:

Post a Comment