Mengenal Apa Itu PHP ( Hypertext Preprocessor )

Mengenal Apa Itu PHP ( Hypertext Preprocessor )

Mengenal Apa Itu PHP ( Hypertext Preprocessor ) - Sebelumnya kita pernah Belajar HTML dan CSS, nahh sekarang kita akan mempelajari Tutorial Belajar PHP, untuk perkenalan pertama kita sebaiknya mengetahui tentang Pengertian PHP atau lebih tepatnya Apa Itu PHP ? dan Apa Fungsi PHP ? Oke supaya tidak banyak cing cong kita langsung saja cekidot ke pembahasan berikut ini.

Pengertian Apa Itu PHP ( Hypertext Preprocessor )

PHP singkatan dari Hypertext Preprocessor, dimana maksud PHP sebeneranya adalah sebuah bahasa pemoraman script server-side yang didesain untuk pengembangan web, dan bisa juga digunakan secara bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan pada tahun 1994 dan dikembangankan pada tahun 1995 oleh Ramus Lerdorf dan sekarang dikembangkan oleh The PHP Group, sobat bisa mengakses situs resmi PHP yang beralamat di www.php.net.

Pada awalnya PHP adalah singkatan dari "Personal Home Page", selanjutnya diganti menjadi FI ("Forms Interpreter"). Ketika versi ke 3.0 bahasa pemograman ini di ubah menjadi Hypertext Preprocessor dan memiliki sebutan PHP. Berdasarkan Survey Netcraft pada bulan Desember 1999, PHP sudah menjadi bahasa pemograman yang powerful dan tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web sederhana, dan bahkan sekarang jutaan situs menggunakan bahasa pemograman PHP, beberapa situs terkenal yang menggunakan PHP adalah NASA, Wikimedia ( Software yang digunakan oleh Wikipedia), Wordpress, phpBB, dll.

PHP dapat digunakan secara gratis (free) dan bersifat Open Source. PHP dirilis dengan menggunakan lisensi "PHP License", sedikit berbeda dengan lisensi GNU General Public License (GPL) yang biasanya digunakan untuk proyek yang bersifat Open Source.

Keunggulan PHP Dengan Bahasa Pemograman Lainnya


  • Sangat Banyak Server-server website yang mendukung bahasa pemrograman PHP ini karena memiliki fungsi yang bagus.
  • Bahasa Pemrograman PHP dapat digunakan dengan mudah oleh setiap Web Developer dikarenakan script dan kode-kode Bahasa PHP ini sangat mudah dipahami.
  • PHP merupakan Bahasa Pemrograman yang tidak pernah dan tidak akan pernah melakukan sebuah kompilasi didalam penggunannya.
  • PHP adalah Bahasa Pemrograman Komputer yang sering dan memiliki banyak refrensi dari segala sumber.
  • Bahasa Pemrograman PHP Bersifat Sumber Terbuka yaitu dapat digunakan di segala jenis mesin Seperti Unix, Windows, Linux, DLL.
  • Bahasa Pemrograman PHP Dapat menjalankan sebuah ataupun beberapa perintah dari suatu sistem.
  • PHP dapat dijalankan dan digunakan secara runtime melalui sebuah konsol.
Karena dari keunggulan dan kepopulerannya, sekarang PHP sudah menjadi standar bagi programmer web di seluruh dunia. Menurut wikipedia pada bulan februari 2014, sekitar 82% dari web server di dunia menggunakan PHP. PHP juga menjadi dasar dari aplikasi CMS (Content Management System) populer seperti Joomla, Drupal, dan WordPress.

Berdasarkan overview dari situs w3techs.com pada tanggal 30 Mei 2015 penggunaan bahasa pemograman server-side yang sering digunakan adalah PHP, perhatikan diagram berikut ini.


Pada diagram di atas, terlihat bahwa bahasa pemograman PHP digunakan oleh 81.9% dari seluruh websites yang menggunakan bahasa pemograman server-side.

Cukup sekian penjelasan singkat mengenai Mengenal Apa Itu PHP ( Hypertext Preprocessor ), semoga penjelasan di atas bisa membantu dan bermaaat untuk semuanya, terutama untuk sobat yang ingin Belajar Pemograman PHP. Terimakasih

No comments:

Post a Comment