Mengenal Tag sub dan sup Di HTML

Pada kesempatan kali Blog Pintasku masih memberikan pembahasan tentang Belajar Dasar HTML, sebelumnya saya pernah membuat tulisan tentang Cara Membuat Tanda Kutipan Di HTML nahh untuk sekarang saya akan membahas tentang Mengenal Tag <sub> dan <sup>.


Mungkin sobat pernah berkunjung kedalam sebuah web tentang Kimia disana pastinya akan terdapat seperti rumus kimia H2O dan situs Matematika yang terdapat perpangkatan seperti 53 Nahh sekarang bagaimana cara Membuat Tulisan Matematis Di HTML ? untuk membuat sebuah tulisan seperti itu di dalam HTML ada sebuah tag khusus, yaitu :
  • Tag <sub>
  • Tag <sup>

Apa itu Tag <sub> ?

Tag <sub> merupakan singkatan dari Subscript. Subscript itu adalah sebutan untuk karakter atau tulisan yang letaknya berada di bawah baris karakter normal. Umumnya penggunaan Subscript ini digunakan untuk menuliskan rumus atau formula kimia seperti H 2O dan lain lain. Tag Subscript ini juga termasuk kedalam jenis Tag Inline Element diman Tag ini akan menyatu dengan tag lainnya baik itu sesudah ataupun sebelumnya.

Berikut ini adalah Contoh penggunaan Tag Subscript di dalam HTML
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar Format Text HTML</title>
</head>
 
<body>
<h3>Penggunaan Tag Subscript</h3>
<p>Contoh Rumus Kimia Molekul (RM) : C<sub>6</sub>H<sub>12</sub>O<sub>6</sub></p>
</body>
 
</html>
Hasilnya :

Apa Itu Tag <sup> ?

Tag <sup> merupakan kepanjangan dari superscript dimana superscript itu adalah sebuah istilah atau sebutan untuk text atau karakter yang letaknya berada di atas text. Penggunaan Tag Superscript ini biasanya digunakan untuk membuat persamaan matematika seperti perpangkatan. Tag superscript ini juga termasuk kedalam jenis Tag Inline Element sama halnya dengan Tag Subscript. 

Berikut ini adalah contoh penggunaan Tag Superscript di dalam HTML.
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar Format Text HTML</title>
</head>
 
<body>
<h3>Penggunaan Tag Superscript</h3>
<p>2<sup>2</sup> + 3<sup>3</sup> = 8 + 27 = 35</p>
</body>
 
</html>
Hasilnya :

Nahh sekian Tutorial dari Blog Pintasku mengenai Cara Membuat Tulisan Matematis Di HTML semoga tulisan ini bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih

No comments:

Post a Comment