Mengenal Tag Pre Dan Code Di HTML

Pada Tutorial kali ini Blog Pintasku masih membahas seputar Tutorial Belajar HTML, tetapi untuk judul tutorial kali ini adalah Mengenal Tag Pre dan Tag Code Di HTML. Sebelumnya juga saya pernah membahas tentang Cara Membuat Tanda Kutipan Di HTML.

Mengenal Tag Pre Dan Code Di HTML

Penggunaan tag pre dan tag code di dalam HTML itu bisa di temukan pada halaman atau web menjelaskan seputar Codding. Kenapa sering di temukan ? karena tag pre dan tag code bisa menampilkan text tanpa format, maksud tanpa format disini adalah bisa menampilkan text tersebut sesuai dengan tulisan aslinya tersebut. Supaya bisa lebih mengerti silahkan baca penjelasan berikut ini.

Mengenal Apa itu Tag Pre dan Tag Code Di HTML

Apa itu Tag Pre ?

Tag <pre> merupakan singkatan dari "Preformatted Text". Maksud dari Preformatted Text adalah apabila kita menulis sebuah text atau tulisan di dalam tag <pre> maka hasilnya akan sama seperti apa yang kita tulis, baik di dalam spasi, line break atau tab.

Tag <pre> ini juga termasuk kedalam jenis Tag Block Element dimana nantinya akan ditampilkan di baris baru dan memiliki jarak yang berbeda dengan tag lainnya baik itu sesudahnya maupun tag sebelumnya.

Supaya bisa lebih mengerti silahkan perhatikan contoh penggunaan tag pre berikut ini.
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar HTML</title>
</head>
 
<body>
<h3>Penggunaan Tag Pre</h3>
<pre>
Ini adalah contoh penggunaan
   Tag Pre
Penggunaan Spasi lebih dari 1 akan  di  tampilkan  
</pre>
</ul>
</body>
 
</html>

Pada Contoh di atas sudah terlihat bahwa tag pre akan menampilkan text atau tulisan sesuai dengan yang di tulis. Pada umumnya Font yang digunakan untuk tag pre adalah “monospace”.

Saya sendiri sering menggunakan tag pre untuk menampilkan kode kode seperti di contoh kode di atas saya menggunakan tag pre.

Apa itu Tag Code ?

Dari namanya juga pasti sobat sudah bisa menyimpulkan apa kegunaan dari tag code ini, jadi saya tidak akan menjelaskan. Sama halnya dengan tag pre, tulisan ataut text yang berada di dalam tag code juga akan di tampilkan oleh web browser menggunakan font jenis “monospace”, tetapi perbedaan dari tag pre dengan tag code adalah bahwa tag <code> akan menghapus semua spasi yang lebih dari 1.

Tag code ini termasuk kedalam jenis Tag Inline Element dimana tag ini akan mengikuti alur dengan tag lain.

Berikut ini adalah contoh penggunaan tag code.
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar HTML</title>
</head>
 
<body>
<h3>Penggunaan Tag code</h3>
<p>Tag <code>pre</code> itu berbeda dengan tag <code>code</code> Dan <code>ini adalah contoh tulisan tag code</code>
</p>
</ul>
</body>
 
</html>


Nahh sekiann penjelasan dari saya mengenai Mengenal Tag Pre Dan Code Di HTML semoga tutorial ini bisa bermanfaat dan membantu sobat dalam Belajar HTML. Terimakasih

No comments:

Post a Comment