Mengenal Nilai Property Inheret Dalam CSS

Sebelumnya Blog Pintasku membahas seputar Sifat Turunan (Inheritance) Dalam CSS, nahh untuk sekarang saya akan menjelaskan mengenalkan kepada sobat tentang Nilai Property Inheret Dalam CSS karena bisa dibilang 11 + 12 artikelnya tetapi saya pisahkan saja penulisannya.

Mengenal Nilai Property Inheret Dalam CSS

Nilai Property Inheret itu berbeda dengan Sifat Inheretance, yang di maksud dengan sifat inheretance adalah penurunan efek style dari sebuah tag html ke tag html yang lainnya. Sedangkan yang dimaksud dengan Nilai Property Inheret itu sebuah nilai untuk property dimana nilai tersebut akan membuat si property meniru nilai dari tag induk (parent)

Oke supaya bisa lebih mudah dimengerti saya akan memberikan contoh kode yang menggunakan nilai property Inheret, silahkan perhatikan contoh kode berikut ini.
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
   <title>Inheritance dalam CSS</title>
   <style type="text/css">
      div.satu {
            border: 1px solid black;
            color: blue;
      }
 
      div.dua {
            border: 1px solid black;
      }
      p.dua {
            border: inherit;
      }
    </style>
</head>
 
<body>
   <div class="satu">
     <p class="satu">
      Kalimat ini tanpa <em class="satu">nilai property inherit</em> CSS
     </p>
   </div>
   <br />
   <div class="dua">
     <p class="dua">
       Kalimat ini menggunakan <em class="dua">nilai property inherit</em> CSS
     </p>
   </div>
</body>
</html>
Contoh Kode Nilai Property Inheret Dalam CSS
Pada contoh kode di atas terlihat ada 2 kalimat, tetapi setiap kalimat menggunakan class yang berbeda, yaitu class satu dan class dua.

Sekarang Perhatikan pada bagian class satu, disana untuk class satu saya hanya memberikan property untuk bagian div.satu saja, dan secara default tag child yang berada di dalam tag induknya akan terkena efek style dari tag induk meskipun saya disana tidak memberikan property untuk tag <p class='satu'>

Nahh sedangkan pada class='dua' saya menambahkannilai inherit untuk property border pada tag <p> . Maka hasilnya tag <p> akan memiliki border juga sama halnya dengan tag induknya, yaitu tag div, yang memiliki border.

Sifat Inheretance ini memang sangatlah membantu di dalam Desain Web. dan biasanya penggunaan inheretance ini digunakan untuk mengatur tulisan, baik itu font, ukuran tulisan atau juga warna tulisan.

No comments:

Post a Comment