Cara Membuat Tulisan Garis Bawah (Underline) Di HTML

Kali ini Blog Pintasku akan membahas seputar Format Text Di HTML, tapi untuk postingan kali ini saya akan memberikan tutorial Membuat Text Bergaris Bawah di HTML. Membuat sebuah kata atau kalimat yang bergaris bawah itu sangatlah sering digunakan untuk mengolah kata atau kalimat dimana fungsi untuk membuat kata atau kalimat bergaris bawah itu untuk menandai kalau kata atau kalimat tersebut penting.


Tapi apakah sobat tau bagaimana membuat tulisan bergaris bawah di dalama sebuah halaman atau dokumen HTML ? Nahh oleh karena itu untuk tutorial kali ini Blog Pintasku akan membahas Cara Membuat Text Garis Bawah (Underline) Di HTML.

Cara Membuat Text Garis Bawah (Underline) Di HTML

Untuk membuat text atau tulisan bergaris bawah (underline) di dalam HTML itu diperlukan sebuah tag khusus, yaitu tag <u> dan tag <ins>.

Apa itu Tag <u> dan Tag <ins> ?

Tag <u> merupakan kepanjangan dari underline, nahh underline sendiri jika di artikan kedalam Bahasa Indonesia adalah Garis Bawah. 
Sedangkan Tag <ins> merupakan kepanjangan dari Insert, dimana Tag <ins> ini berfungsi untuk menunjukan bagian text yang baru ditambahkan kedalam kontent web atau halaman web.

Tag <ins> dan Tag <u> ini termasuk kedalam Jenis Tag Inline Elements, dimana tag ini akan mengikuti alur text yang ada dan tidak akan membuat baris baru atau memerikan jarak yang berbeda.

Apa perbedaan Tag <u> dan Tag <ins> ?

Memang jika kita menuliskan tag ini di dalam sebuah dokumen HTML akan terlihat sama hasilnya dengan Tag <u> yaitu membuat text bergaris bawah, tetapi yang berbeda itu dari segi penggunaanya. Tag <ins> ini digunakan untuk menunjukan bagian text atau tulisan yang baru ditambahkan kedalam konten web atau halaman HTML.

Supaya bisa lebih mengerti silahkan perhatikan contoh kode berikut ini.
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar HTML</title>
</head>

<body>
<h3>Penggunaan Tag Insert dan Underline</h3>
<p>ini adalah contoh dalam penggunaan tag underline
<u>Tulisan ini bergaris bawah</u>
Sedangkan Penggunaan Tag Insert
<ins>ini tulisan yang baru ditambahkan</ins>
</p>
</body>

</html>
Hasilnya :
Hasil dari Contoh kode di atas
Saya sendiri sering menggunakan tag <u> untuk memperjelas kalimat atau text yang penting, dan jarang menggunakan tag <ins> karena tag tersebut untuk menunjukan text baru.

Nahh sekian penjelasan tentang Cara Membuat Tulisan Garis Bawah (Underline) Di HTML, semoga ini bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih

No comments:

Post a Comment