Cara Membuat Tabel Di HTML

Oke pada kesempatan kali ini Blog Pintasku masih tetap membahas seputar Tutorial Dasar HTML, sebelumnya saya pernah membuatkan tutorial tentang Mengenal Atribut Style Di HTML, nahh sedangkan kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Membuat Tabel Di HTML. Membuat sebuah tabel di sebuah dokumen memang sering digunakan.


Tapi sekarang bagaimana sih membuat sebuah tabel di HTML ? oke untuk membuat sebuah tabel di dalam HTML itu sangatlah mudah.

Cara Membuat Tabel Di HTML

Untuk membuat sebuah tabel di HTML itu memerlukan beberapa Tag khusus, yaitu :
  1. Tag <table>
  2. Tag <table berfungsi untuk memulai pembuatan tabel, atau lebih sederhananya adalah pembungkus antara baris tabel dengan isi tabel.
  3. Tag <tr>
  4. Tag <tr> merupakan singkatan dari table row yang berarti baris tabel. dan fungsinya juga pastinya sudah terpikirkan oleh sobatkan
  5. Tag <td>
  6. Tag <td> merupakan singkatan dari table data, yang berarti data tabel, dan fungsinya adalah untuk menginput atau memasukan data ke dalam tabel.
Supaya sobat readers bisa lebih mengerti, silahkan sobat perhatikan contoh penggunaan Tag <table> dibawah ini.
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
   <title>Penggunaan Tag Tabel</title>
</head>
<body>
<h1>Membuat Tabel Di HTML</h1>
<table border="1">
    <tr>
<td>Baris 1, Kolom 1</td>
        <td>Baris 1, Kolom 2</td>
        <td>Baris 1, Kolom 3</td>
    </tr>
    <tr>
        <td>Baris 2, Kolom 1</td>
        <td>Baris 2, Kolom 2</td>
        <td> Baris 2, Kolom 3</td>
    </tr>
    <tr>
        <td> Baris 3, Kolom 1</td>
        <td> Baris 3, Kolom 2</td>
        <td> Baris 3, Kolom 3</td>
    </tr>
    <tr>
        <td> Baris 4, Kolom 1</td>
        <td> Baris 4, Kolom 2</td>
        <td> Baris 4, Kolom 3</td>
    </tr>
</table>
</body>
</html>
Hasilnya :

Keterangan : Pada tag <table> disana ada sebuah atribut border, atribut border berfungsi sebagai garis tersebut. jika ingin menghilangkan baris tinggal dirubah saja dari 1 ke 0, ukuran 1 disana adalah ukuran 1 pixel.

Catatan: Tag dan atribut yang bisa dipakai di tabel itu masih banyak, tetapi untuk tutorial kali ini saya hanya memberikan bentuk dasar tabel di HTML, mungkin nanti saya akan melengkapi semua tutorial tentang tabel di lain hari.

Nah cukup sampai disini saja Tutorial Membuat Tabel Di HTML, semoga tutorial ini bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih

1 comment:

  1. Makasi infonya gan...

    Bagi agan yang berminat belajar membuat web bisa dilihat di situs berikut http://www.computer-course-center.com/web-design.html

    ReplyDelete