Cara Membuat Tulisan Tercoret Di HTML

Hallo !! Kali ini Blog Pintasku masih memberikan Tutorial Belajar Dasar HTML yang dibuatkan khusus untuk para readers yang ingin Belajar HTML, tapi tutorial kali ini membahas seputar Format Text Di HTML, nahh sebelumnya saya pernah membuat Tutorial Membuat Tulisan Bergaris Bawah Di HTML sedangkan kali ini membuat tulisan tercoret.


Membuat sebuah tulisan tercoret ini memang sering digunakan di dalam mengolah kata, dimana fungsi membuat tulisan tercoret ini adalah untuk menandakan kalau tulisan itu seharusnya di hapus atau salah. nahh bagaimana sih cara membuat Tulisan Tercoret Di HTML ? Oke silahkan dibaca penjelasan saya berikut ini.

Cara Membuat Text Tercoret Di HTML

Di dalam HTML jika kita ingin membuat sebuah tulisan tercoret ini diperlukan sebuah tag khusus yaitu Tag <del> dan Tag <s>

Apa itu Tag <s> dan Tag <del> ?

Tag <s> merupakan kepanjagan dari Strikethrough, yang dimana Strikethrough itu adalah sebuah istilah di dalam HTML untuk sebuah tulisan atau text tercoret, jadi tag <s> ini tidak memiliki arti atau definisi.

Tag <del> merupakan singkatan dari kata "delete"berdasarkan dari kepanjangannya juga sudah bisa di simpulkan tujuan tag <del> ini adalah untuk menunjukan atau menandai sebuah tulisan atau text yang ingin dikoreksi atau tulisan yang salah.

Berikut ini adalah contoh penggunaan tag <s> dan tag <del>.
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar Format Text HTML</title>
</head>
 
<body>
<h3>Penggunaan Tag del dan tag s</h3>
<p>Hal dasar di dalam <s>pemograman</s> desain web adalah pemograman HTML,
jadi sebelum mempelajari hal lain, hal yang harus dipelajari adalah
<del>pemograman PHP</del>
<ins>, lalu HTML</ins></p>
</body>
 
</html>
Hasilnya :

Perbedaan Tag <s> dengan Tag <del>

Dari segi tampilan memang kedua tag itu menghasilkan hal yang sama, yaitu membuat tulisan tercoret. tetapi yang berbeda dari kedua tag tersebut adalah dari segi penggunaannya, kalo tag <s> hanya untuk membuat tulisan tercoret saja tanpa ada maksud apa - apa, sedangkan tag <del> bertujuan untuk memberikan tanda pada bagian text tertentu kalau text tersebut salah atau perlu di perbaiki.

Nahh sekian penjelasan mengenai Cara Membuat Tulisan Tercoret Di HTML semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan bisa membantu sobat dalam mempelajari Format Text Di HTML, Terimakasih

No comments:

Post a Comment