Cara Membuat Tanda Kutipan Di HTML

Masih di dalam Belajar Dasar HTML, tetapi kali ini Blog Pintasku mengkategorikan Tulisan ini ke dalam Format Text Di HTML. Oke langsung saja ke topik utama untuk tutorial kali ini Blog Pintasku akan mennjelaskan Cara Membuat Kutipan Di HTML.


Membuat sebuah kutipan itu memang sering kita gunakan di dalam hal mengolah kata terutama di dalam sebuah artikel kima, dimana fungsi membuat tanda kutip itu untuk menyimpan referensi sumber - sumber. Oleh karena itu membuat sebuah kutipan itu memang di perlukan, nahh sekarang bagaimana Membuat Kutipan Di HTML ? nahh untuk mengetahui caranya silahkan sobat baca penjelasan saya dibawah ini,

Cara Membuat Kutipan Di HTML

Di dalam HTML untuk membuat sebuah kutipan itu ada 2 tag, yaitu :
  1. Tag Blockquote <blockquote>
  2. Tag Quote <q>

1. Tag Blockquote

Tag <blockquote> adalah sebuah tag yang berfungsi membuat sebuah text atau tulisan menjadi sebuah kutipan, Tag Blockquote ini juga termasuk kedalam jenis tag block element dimana tag blockquote akan memisahkan diri dari tag lain. Biasanya Tag Blockquote ini digunakan untuk memberi tanda kalau tulisan atau text itu penting untuk di baca.

Berikut ini adalah contoh penggunaan Tag Blockquote di dalam HTML
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar Format Text</title>
</head>
 
<body>
<h3>Pengunaan Tag Blockquote</h3>
<p>Dasar dari desain web itu adalah mengerti dalam pemograman HTML.</p>
<blockquote>HTML merupakan kepanjangan dari Hypertext Markup Language</blockquote>
</body>
 
</html>
Hasilnya :
contoh Pengunaan Tag Quote <q> di dalam HTML

Pada contoh di atas terlihat hasilnya kalau Tag Blockquote itu termasuk kedalam jenis Tag Block Element karena Tag Blockquote memisahkan diri dari tag lainnya dengan baris baru dan memiliki jarak yang berbeda.

2. Tag <q>

Tag <q> merupakan kepanjangan dari "quote" jika di artikan kedalam Bahasa Indonesia berarti "Kutipan". Tag Quote ini biasanya untuk memberikan tanda kutipan pada sebuah bagian text atau tulisan yang pendek, dan hasilnya nanti akan menyatu dengan tag lainnya baik itu sebelum atau sesudahnya karena tag ini termasuk kedalam jenis Tag Inline Element.

Berikut ini adalah contoh Pengunaan Tag Quote <q> di dalam HTML.
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar Format Text</title>
</head>
 
<body>
<h3>Pengunaan Tag Quote</h3>
<p>HTML merupakan kepanjangan dari <q>Hypertext Markup Language</q></p>
</body>
 
</html>
Hasilnya :
contoh Pengunaan Tag Quote <q> di dalam HTML

Terlihat di dalam hasil dari contoh di atas kalo tag quote akan memberikan tanda kutip di dalam bagian text yang menggunakan tag <q>.

Nahh sekian penjelasan dari Blog Pintasku tentang Cara Membuat Kutipan Di HTML semoga penjelasan ini bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih

No comments:

Post a Comment