Mengenal dan Memahami Apa Itu SSH ?

Mengenal dan Memahami Apa Itu SSH ? - Mungkin sobat pernah mendengar istilah SSH, tapi apakah sobat tau Apa yang dimaksud dengan SSH ? Dan Manfaat SSH tersebut ? Oke silahkan dipahami penjelasan saya dibawah.


Apa itu SSH (Secure Shell) ?

Secure Shell atau yang sering dikenal dengan sebutan SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data atau komunikasi data  melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Biasanya SSH itu banyak digunakan pada Operasi System berbasis UNIX dan LINUX untuk mengakses akun Shell. SSH itu dirancang sebagai pengganti Telnet  dan Protokol Remote Shell lainnya yang tidak aman, contohnya yaitu seperti rsh Berkeley dan protokol rexec, yang mengirimkan infomasi berupa teks terutama kata sandi yang membuatnya rentan terhadap intersepsi dan penyingkapan menggunakan penganalisa paket. Maksud dari Enkripsi yang digunakan SSH itu untuk memberikan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman, seperti Internet. SSH menggunakan kriptografi kunci publik untuk mengotentikasi komputer remote dan biarkan komputer remote untuk mengotentikasi pengguna, jika perlu. SSH itu menggunakan model Server - Client biasanya berupa TCP port 22 telah ditetapkan untuk menghubungi server SSH dari client SSH. SSH Client ini biasanya digunakan untuk membangun koneksi ke SSH daemon untuk dapat diremote. Keduanya biasanya terdapat pada sistem operasi modern, termasuk Mac OS X, Linux, FreeBSD, Solaris dan OpenVMS. dan tersedia juga yang Freeware, berlicense (Berbayar), dan juga yang Open Source dan itu juga berbeda pada tingkat kelengkapan dan tingkat kerumitannya.

SSH biasanya digunakan untuk login ke mesin remote dan mengeksekusi berbagai perintah, tetapi juga mendukung tunneling, forwarding TCP port dan X11 connections yang dapat mentransfer file menggunakan terkait SFTP atau SCP protocols. Kalo di Indonesia Penggunaan SSH itu adalah untuk membypass Internet atau yang biasanya dikenal dengan ber internet gratis dengan memanfaatkan sebuah bug dari Operator dan biasanya tanpa mengeluarkan pulsa atau kuota. Namun pihak Operator juga tidak ingin merasa dirugikan karena ada orang yang memanfaatkan bug dari system Operator. Para Pengguna SSH di Indonesia mungkin memiliki alasan tersendiri karena memanfaatkan bug tersebut untuk ber internetan secara gratiss mengingat betapa koneksi Internet di Indonesia itu masih terbilang mahal menurut orang biasa seperti saya, dengan hal itu para Pengguna SSH di Indonesia tidak ingin merasa terbebani dengan mahalnya koneksi Internet di Indonesia itu. Nahh karena saya juga menggunakan SSH saya akan memberikan saran saya untuk sobat jika ingin memiliki akun SSH silahkan anda pesan kepada teman saya dan sangat tergolong murah SSH nya nahh bagi yang berminat  silahkan kunjunhi link dibawah ini :

SSH Lowframe : https://www.facebook.com/lowframe

Sekian Informasi yang saya bisa jelaskan tentang Mengenal dan Memahami Apa Itu SSH ? Jika ada penjelasan saya kurang jelas atau kurang berkenan untuk sobat silahkan berkomentar. Semoga artikel ini bermanfaat, Terimakasih

No comments:

Post a Comment