Apa itu Search Engine ? Manfaat dan Cara Kerjanya

Apa itu Search Engine ? Manfaat dan Cara Kerjanya- Mungkin sobat sudah tidak asing lagi mendengar kata search engine, tapi apakah sobat sudah paham apa search engine itu ? Oke sekarang saya akan menjelaskan apa itu Search Engine ? dan Bagaimana pendapat para ahli tentang Search Engine

Apa itu Search Engine ?

Menurut dari Wilkipedia.org Search Engine (Mesin Pencari) Web adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang di desain untuk melakukan pencarian data atau informasi di world wide web (www). Hasil pencarian akan menampilkan serangkaian informasi yang bersumber dari website/blog tertentu, hasil pencarian ini sering disebut Search Engine Result Pages (SERPs).  Selain halaman website, informasi yang ditampilkan bisa berupa gambar, video, atau tipe file lainnya. Search engine melakukan pendataan secara real time dengan bersandar pada algoritma yang sudah teratur dalam web crawl. Inilah yang membedakannya dengan web directories (direktori web) yang biasanya melakukan pendataan manual oleh manusia (human editors).

Apa Manfaat Search Engine Itu ?

Seluruh pengguna Internet pasti sudah pernah menggunakan Search Engine. Mungkin Semua Orang juga akan setuju bahwa Search Engine itu sangat membantu sekali dalam kehidupan sehari-hari apalagi dijaman sekarang para pelajar sering diberikan tugas oleh guru untuk mencari sesuatu informasi di Internet dan informasi tersebut bisa ditemukan oleh Search Engine oleh karena itu Search Engine adalah sebuah Teknologi Canggih yang sangat bermanfaat bagi semua orang. Searcg Engine itu berfungsi sama dengan sebuah Index Buku yang biasanya berada di halaman belakang buku yang menunjukkan lokasi kata atau istilah diantara jutaan kata lainnya dalam buku tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Search Engine ?

Nahh apakah anda tau cara kerja Search Engine itu yang bisa menemukan lokasi kata kunci tertentu diantara jutaan halaman yang ada di internet dengan sangat cepat ? Disini saya akan mempelajari cara kerja Search Engine Google yang sangat terpopuler di seluruh dunia. Saya telah mendapatkan sebuah informasi dari halaman bantuan google yang menunjukan cara kerja Search Engine Google. Silahkan anda lihat cuplikan Video singkat yang dibawakan oleh Matt Cutts yang saat ini merupakan kepala tim webspam google. Sobat juga bisa langsung mengunjungi halaman tersebut secara langsung di : https://www.google.com/insidesearch/howsearchworks/crawling-indexing.html


Dari penjelasan video tersebut saya ambil kesimpulannya bahwa Search Engine Google memiliki perangkat lunak atau software bernama Web Crawlers atau dikenal juga dengan nama “Googlebot”. Seperti yang saya sudah jelaskan di atas bahwa search engine adalah sebuah sistem software. Sesuai dengan namanya, software ini bekerja untuk menemukan halaman web yang tersedia untuk umum. Perlu diketahui bahwa tidak semua halaman website bisa ditemukan. Hal ini menyangkut pengaturan webmaster sendiri, apakah halaman web tersebut mau dipublikasikan atau tidak. Terkadang webmaster menginginkan halamannya tersembunyi dengan suatu alasan sehingga itu akan mencegah web crawlers menemukannya. Seperti layaknya kita melakukan browsing pada sebuah website atau blog, robot ini memperhatikan halaman tersebut dan juga mengikuti setiap link yang ada di sana untuk kemudian dibawa kembali ke server google.

Sekian artikel tentang Apa itu Search Engine ? Manfaat dan Cara Kerjanya jika ada mohon maaf jika ada kata yanng kurang berkenan atau penjelasannya tidak jelas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua.
Terimakasih.

No comments:

Post a Comment