Memahami Apa itu Nofollow dan Dofollow ?

Memahami Apa itu Nofollow dan Dofollow ? Mungkin sobat sudah ga asing lagi mendengar kata Nofollow atau Dofollow, tapi apakah sobat mengerti Apa yang dimaksud dengan Nofollow dan Dofollow ? Nahh disini saya akan menjelaskan sedikit tentang Apa itu Nofollow dan Dofollow ?


1) Apa itu Nofollow ?

Nofollow adalah suatu nilai dari atribut HTML yang menerangkan atau menjelaskan ke beberapa mesin pencari untuk tidak mengikutkan hyperlink ke dalam indeks dan tidak mempengaruhi link target di hasil pencarian mesin pencari. Biasanya Nofollow digunakan untuk mengurangi kegiatan Spam pada Search Engine (Mesin Pencari), Sehingga nantinya akan menurunkan kualitas dari hasil pencarian Search Engine. Konsep ini pernah di perkenalkan pada tahun 2005 oleh kepala webspam Google yaitu Matt Cutts dan Jason Shellen. Kalo secara simplenya sihh yang dimaksud dengan Nofollow yaitu untuk memberikan penjelasan agar crawler mesin pencari tidak mengikuti links yang diberikan atribute nofollow, dan biasanya tag ini digunakan untuk mencegah komentar-komentar spam di indeks oleh mesin pencari sehingga akan menurunkan kualitas halaman pada web atau blog tersebut, karena link yang keluar dari halaman web tidak akan di akses oleh crawler mesin pencari jika menemukan attribute nofollow pada halaman web atau blog tersebut.
Ingat !! : Penggunaan nofollow ini bukan berarti akan mencegah atau memblok konten halaman di indeks oleh Crawler Search Engines.

2) APA itu Dofollow ?

Nahh diatas sudah saya jelaskan tentang Apa itu Nofollow ? Sekarang untuk istilah Dofollow. Dofollow itu merupakan kebalikan dari Nofollow yaitu dimana link yang menggunakan attribute dofollow akan mengizinkan Search Engine (Google/Bing/Yahoo) untuk mengikuti link tersebut. Sehingga akan memberikan backlink dari web atau blog yang menggunakan attribute dofollow. Jika seorang webmaster atau admin blog menerapkan dofollow maka merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada pengunjung untuk mendapatkan backlink dari web tersebut. Biasanya penggunaan tag Dofollow akan rentan dengan komentar-komentar spam. Kalo secara sederhananya Dofollow adalah kata kunci di dalam anchor text yang terindeks dalam hasil pencarian di Search Engine maksudnya ketika sobat ingin menghubungkan blog atau web sobat ke setiap situs web atau halaman orang lain biasanya dengan cara berkomentar anda harus berkomentar dengan menyisipkan kata kunci web atau blog sobat di dalam anchor text dan didalamnya itu menghubungkan ke blog atau web sobat. 

Ingat : Ketika ingin berkomentar harus  yang relevan dengan isi konten pada halaman web atau blog tersebut.

Nahh sekian untuk pembahasan mengenai Nofollow dan Dofollow, Maaf jika penjelasannya kurang jelas, Semoga bermanfaat untuk semua, Terimakasih.

1 comment:

  1. bagus kok. saya menjadi lebih paham dengan istilah nofollow dan dofollow obat perangsang wanita

    ReplyDelete