Mengenal Apa itu Tag Kondisional ?

Mengenal Apa itu Tag Kondisional ? Oke pada postingan kali ini Blog Pintasku akan Menjelaskan sedikit tentang Apa itu Tag Kondisional ? Oh iyahh postingan kali ini saya buatkan Khusus Untuk Blogger Pemula yang ingin mengerti struktur Template Blogger.


Apa itu Tag Kondisional ?

Tag Kondisional atau bahasa kerennya Conditional Tag adalah Tag yang digunakan untuk mengatur elemen elemen tertentu supaya di tampilkan atau tidaknya elemen tersebut atau bisa juga untuk mengfungsikan/tidak mengfungsikan halaman yang kita kehendaki.
dibawah ini ada contoh sebuah Tag Kondisional yang umum digunakan untuk Blogger.

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>Elemen/Objek</b:if>

Silahkan sobat perhatikan contoh kode di atas. Tag Kondisional biasanya selalu di awali dengan kode <b:if> dan selalu di akhiri dengan kode </b:if>. Setiap kode <b:if> pastinya selalu ada atribut cond. Atribut ini berfungsi sebagai petunjuk untuk menyatakan suatu kondisi. Untuk Kode data:blog.homepageUrl adalah nilai dari atribut yang menjelaskan maksud dari kondisi yang diinginkan. 

Sedangkan maksud dari kode data:blog.url adalah keadaan URL dari sebuah halaman. Sementara untuk kode data:blog.homepageUrl  adalah perwakilan dari URL Homepage. Sederhananya jika sobat memiliki sebuah blog dengan Alamat URL blog sobat http://mangap.blogspot.com maka kode data:blog.homepageUrl itu di artikan sebagai http://mangap.blogspot.com.

Jika masih bingung arti dari kode di atas itu adalah : Jika keadaan halaman saat ini sama dengan URL halaman muka/homepage, maka Element/Objek akan ditampilkan/difungsikan.

Penjelasan di atas itu bisa saja dibalikan hanya dengan mengganti pembandingnya saja. Pada umumnya pembanding itu dituliskan dengan kode == artinya "Sama dengan" nahh sedangkan untuk membalikannya kode pembanding == itu diganti dengan kode != yang artinya "tidak sama dengan" atau "bukan". Contohnya seperti dibawah ini.

<b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>Element/Objek</b:if>

Maksud atau arti dari kode di atas adalah : Element/Objek hanya akan ditampilkan apabila keadaan halaman saat ini tidak sama dengan halaman muka/homepage.

Bagaimana Cara Penerapan Tag Kondisional ?

Untuk Penerapan Tag kondisional itu ada 2 cara, yaitu penerapan secara langsung dan tidak langsung. Untuk penerapan secara langsung itu seperti pada contoh di atas, sedangkan untuk penerapan secara tidak langsung silahkan sobat pahami contoh dibawah ini.
<b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'> 
<style type='text/css'> 
#objek1{display:none;} 
</style> 
</b:if> 

...... 
<div id='objek1'>OBJEK1</div>
Arti dari kode di atas adalah Seluruh elemen yang memiliki ID objek1 akan disembunyikan apabila keadaan halaman saat ini tidak sama dengan halaman muka/homepage. Pernyataan di atas pada prinsipnya mempunyai makna yang sama dengan: OBJEK1 hanya akan ditampilkan apabila keadaan halaman saat ini sedang berada di halaman muka/homepage".
Oke sekian Penjelasan tentang  Mengenal Apa itu Tag Kondisional ? Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semuanya dan saya sendiri dan terimakasih telah mengunjungi Blog Pintasku.

2 comments:

  1. Thanks gan atas saran di group tadi .. :'D
    Sangat membantu, menambahkan sedikit pemahaman saya tentang Cond Tag .. :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoo sama sama gan karena sesama newbe di bidang blog musti saling berbagi :D
      BTW char Lsnya keren tuh :D

      Delete