Mengenal Apa Itu Backlink dan Cara Mendapatkannya

Kali ini Blog Pintasku akan membuat artikel tentang mengenai Backlink atau lebih tepatnya saya akan menjelaskan mengenai Pengertian Backlink dan Cara Mendapatkannya. Mungkin kalian pernah mendengar kata Backlink ? Tapi apakah sobat tau Apa itu yang dimaksud Backlink ? Apa Manfaat Backlink untuk Blog atau Web ? Oke silahkan sobat pahami penjelasan saya secara singkat dibawah ini.


Apa itu Backlink ?

Backlink adalah sebuah link masuk (Inbound Link) dari blog atau situs lain yang menuju blog kita, baik itu homepage ataupun page lainnya. Kalau secara sederhananya Backlink itu adalah link yang terdapat pada situs tertentu dan link tersebut mengarah ke blog atau web kita.

Backlink ini sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas sebuah blog atau website, karena kebanyakan Search Engine menentukan kualitas suatu web atau blog itu berdasarkan dari backlink, contohnya Google Google menentukan Rangking suatu web itu berdasarkan dari Backlink, Oleh karena itu jika kita ingin meningkatkan popularitas web atau Blog, kita harus meningkatkan jumlah backlink.

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink ?

Ada banyak cara untuk mendapatkan backlink, tapi tidak semua cara bisa mendapatkan backlink dengan mudah, itu semua tergantung kepada anda, karena backlink itu tidak didapatkan secara instan (langsung) tetapi backlink itu didapatkan biasanya di kemudian harinya. Mendapatkan backlink itu memang gampang gampang susah menurut saya sendiri. Sebelum kita mencari backlink ada beberapa faktor yang perlu diketahui, yaitu :
  1. Kualitas Backlink
  2. Maksud dari kualitas adalah Kualitas web atau blog tempat kita menyimpan backlink. Kualitas Backlink bisa ditentukan dari PR (Page Rank). Jadi semakin tinggin PR suatu web atau blog tempat kita menyimpan Backlink maka semakin baik Backlink tersebut.
  3. Jumlah Backlink
  4. Dari namanya juga sobat sudah tau apa maksudnya, yaitu semakin banyak backlink kepada blog atau website kita maka akan semakin bagus nilai web atau blog kita dimata Search Engine terutama Google.
  5. Anchor Text
  6. Menurut saya pribadi Anchor Text itu sangatlah penting untuk mendapatkan backlink bagus, karena dengan Anchor Text kita bisa menyisipkan sebuah kata kunci Blog atau website kita, contohnya : ketika kita membuat suatu backlink dengan Anchor Text "Tutorial Blog"  pada web lain, dan Anchor Text tersebut menuju ke Blog atau web kita dan jika Anchor Text tersebut di klik maka sobat mempunyai backlink dengan Anchor Text "Tutorial Blog".
Oke sekarang Cara Mendapatkan Backlink, ada beberapa cara untuk mendapatkan Backlink, antara lain :
  1. Backlink Generator
  2. Dengan menggunakan Backlink Generator sobat tidak perlu bersusah payah untuk mencari backlink dari berbagai situs web, akan tetapi dengan menggunakan Backlink Generator Backlink yang akan kita dapatkan tidak akan maksimal atau tidak akan sebagus dengan mendapatkan backlink dengan cara manual.
  3. Blogwalking
  4. Nahh Cara ini nih yang sangat saya sukai. Maksud dari Blogwalking adalah mengunjungi blog atau situs situs web dimana nanti kita akan berkomentar dan menyertai link. Cara ini sangatlah lebih bagus mendapatkan backlink daripada dengan menggunakan Backlink Generator.
  5. Social Bookmark
  6. Cara ini juga sangat bagus untuk mendapatkan backlink , dengan memanfaatkan Social Bookmark sobat bisa mendapatkan backlink sekaligus mendatangkan pengunjung. Karena Social Bookmark kebanyakan dikunjungi oleh orang orang pengguna internet dan orang orang yang haus akan informasi.
  7. Web Directory
  8. Untuk mendapatkan Backlink dari Web Directory kita hanya perlu mendaftarkan Blog atau Website kita ke Blog Directory dan nantinya Blog atau Website kita akan mendapatkan Backlink cara ini sama halnya dengan cara social Bookmark akan tetapi kalau social bookmark itu kita mendapatkan pengunjung lewat artikel kalau Web directory kita mendapatkan backlink dari menyimpan blog atau website kita.
Sekian Artikel dari saya tentang Mengenal Apa Itu Backlink dan Cara Mendapatkannya Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih Telah mengunjungi Blog Pintasku.

7 comments:

  1. ini info yg bagus bgt dan sdh lama kucari. keep going bro

    ReplyDelete
  2. saya sering dengar istilah backlink mas. kadang ada yang bilang situs ini bagus untuk di buat backlink.
    masalahnya saya tidak dikasih tau atau tidak terdapat tutorial cara bikin backlinknya
    kapan2 om pintasku bikinin tutor cara bikin backlink lengkap dengan gambar ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cara membuat backlink itu mudah bro, agan tinggal menyisipkan sebuah URL ataupun Achor text di dalam sebuh situs , mau itu didalam komentar ataupun bukan.
      Saran terbaik dari saya backlink yang enak itu dari blog dummy atau zombie

      Delete