Cara Membuat Hyperlink Di HTML

Kali ini Blog Pintasku masih memberikan Tutorial Dasar HTML, sebelumnya saya pernah membuat Tutorial Cara Membuat Daftar/ List Di HTML, nahh untuk sekarang saya akan memberikan Tutorial Cara Membuat Link Di HTML.



Sebelum masuk ke Tutorial sebaiknya sobat harus tahu terlebih dahulu Apa Itu Link ? Apa Fungsi Link ?

Link adalah sebuah cara untuk menghubungkan antara 1 alamat dengan alamat yang lainnya. HTML itu singkatan dari Hypertext Markup Laguage, nahh yang di maksudkan link di dalam HTML itu adalah Hypertext tersebut. Nahh sedangkan Fungsi Hypertext itu adalah untuk membuat sebuah tulisan atau gambar ketika di klik akan berpindah ke halaman lain atau ke alamat lain. Nahh sekarang bagaimana Cara Membuat Link Di Halama HTML

Cara Membuat Link Di HTML

Di dalam HTML jika kita membuat sebuah link kita memerlukan sebuah tag khusus, yaitu tag <a>. Tag <a> adalah anchor. Di dalam tag <a> itu terdapat banyak atribut yang bisa digunakan, tapi untuk kali ini saya akan menggunakan atribut hrep dan target karena atribut tersebut adalah yang sering digunakan untuk Eksternal link.

1. Atribut Hrep

Hrep adalah singkatan dari "hypertext reference" Fungsi dari Herp adalah sebagai tempat yang berisi alamat yang akan dituju. Supaya bisa lebih gampang di mengerti oleh sobat silahkan perhatikan contoh penggunaan Tag <a> dengan atribut hrep berikut ini.
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
  <title>Penggunaan Tag Link </title>
</head>
<body>
  <h1>Belajar Tag Link dengan atribut hrep</h1>
  <p>Ini adalah contoh penggunaan tag link dari
  <a href="http://pintasku.blogspot.com">Blog pintasku</a></p>
</body>
</html>
Hasilnya :
Keterangan : Kode yang berwarna merah adalah alamat tujuan

2. Atribut Target

Atribut Target berfungsi untuk menentukan apakah alamat yang akan dituju terbuka di jendela browser saat ini atau akan terbuka di jendela browser yang baru.

Pada umumnya jika kita membuat link setiap link yang kita klik biasanya terbuka pada jendela yang sama atau secara sederhananya menimpa halaman yang sedang terbuka saat ini. Nahh dengan menggunakan Atribut target kita bisa membuat alamat yang akan dituju itu terbuka pada jendela browser baru.

Dibawah ini adalah contoh penggunaan tag <a> dengan atribut target.
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
  <title>Penggunaan Tag Link </title>
</head>
<body>
  <h1>Belajar Tag Link dengan atribut target</h1>
  <p>Ini adalah contoh penggunaan tag link dari
  <a href="http://pintasku.blogspot.com"
target=”_blank”>Blog Pintasku</a> dengan atribut target yang akan terbuka di jendela baru</p>
</body>
</html>
Hasilnya :

Catatan : Pada artikel kali ini saya menggunakan eksternal link, yaitu link yang menuju keluar halaman atau halaman lain, nahh ada juga link yang menuju ke halaman yang sedang dibuka tetapi menuju kebagian lain di halaman atau dokumen tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan sobat baca pada artikel yang berjudul Cara Membuat Internal Link Di HTML

Sekian artikel mengenai Tutorial Cara Membuat Hyperlink Di HTML Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu semuanya dalam mempelajari Dasar HTML, Terimakasih telah berkunjung

No comments:

Post a Comment