Mengenal Apa itu SERP dan Fungsinya

Mengenal Apa itu SERP dan Fungsinya - Hello sobat blogger, kali ini Blog Pintasku akan membahas tetang Pengertian SERP dan Fungsi SERP, Mungkin sebagian blogger sudah pada tau apa yang dimaksud dengan SERP itu, tapi ada juga sebagian blogger ada yang belum paham mengenai SERP. Oke langsung saja.


Apa itu SERP ?

SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page yang bisa diartikan sebagai daftar halaman yang ditampilkan oleh search engine terhadap query atau kata kunci tertentu. Jika membahas SERP, pasti tak akan jauh-jauh dengan Google, Google sendiri saat ini masih menjadi Search Engine favorit yang sering digunakan dalam pencarian. Ketika kita mengetik salah satu keyword atau kata kunci atau juga sendang mencari sebuah artikel pada search engine maka kita akan menemukan ribuan, jutaan, atau bahkan hingga milyaran hasilnya, artikel yang berada pada posisi teratas atau berada pada Page 1 Google itulah yang memiliki SERP yang tinggi. 

Bagaimana Cara Membuat Artikel Memiliki SERP Tinggi ?

Untuk Membuat Artikel kita selalu berada pada Page 1 anda hanya perlu Belajar SEO. Kenapa harus Belajar SEO ? Karena ilmu SEO itu membahas tentang cara mengoptimasikan website atau blog kita menjadi lebih relevan dimata Search Engine, meskipun dengan mempraktekan Teknik SEO itu belum tentu akan membuat nilai SERP blog atau website kita menjadi tinggi, karena kunci kesuksesan belajar itu adalah Optimis atau Percaya. 

Tetapi saya masih bingung dengan SERP, Kenapa ? Karena hasil SERP itu bisa berubah ubah pada setiap browser ataupun ip yang digunakan, bahkan berbeda browser juga masih tetap berbeda. Kalau sobat tidak percaya sobat bisa buktikan sendiri dengan cara membuka 2 browser (Google Chrome, Mozilla, Internet Explorer,dll) Ketikan pada Search Engine dengan kata kunci "Tutorial Blog" Lihatlah hasilnya apakah berbeda atau tidak ? 

Tenang tidak perlu khawatir untuk mendapatkan hasil SERP yang benar dan tidak terpengaruh oleh beberapa faktor diatas. Ada beberapa pilihan, yaitu :
  1. IP Google 173.194.69.94 - alamat IP Google yang tidak terikat pada kode negara, alamat kota, Browser yang sedang digunakan, dan jenis OS (operation system) yang digunakan, ataupun device yang sedang digunakan
  2. SEO SERP Checker - Sebuah website yang memberikan layanan untuk mengecek posisi web/blog di SERP. Caranya tinggal masukkan keyword, isi alamat web/blogmu, dan tekan SERP.
  3. SEO SERP Plugin - Sebuah plugin pada browser Google Chrome yang bisa digunakan untuk cek posisi Web/Blog anda di SERP.

Apa Fungsi SERP ?

Fungsi dari SERP adalah sebagai tolak ukur blog kita mengenai kualitas SEO blog atau web kita. Jadi semakin bagus kualitas SEO blog kita maka semakin tinggi nilai SERP kita, oleh karena itu Belajar Teknik SEO itu sangatlah penting, karena hanya Web atau Blog yang nilai SERPnya tinggi yang akan selalu menempati urutan pertama pada Search Engine. Perlu sobat ketahui kalo beberapa search engine menyimpan chace SERP untuk pencarian berulang dan menampilkan SERP dalam bentuk chace, bukan dalam bentuk Live SERP untuk meningkatkan performa search engine dan juga sobat perlu di ingat kalo Search Engine itu akan selalu update SERP yang ada pada datanya sehingga akan memunculkan halama-halaman baru yang akan di tampilkan. Oleh karena itu kita harus mempertahankan atau Meningkatkan Nilai SERP kita dimata Search Engine. Dengan Meningkatkan atau mempertahankan nilai SERP blog atau website akan membuat blog atau web kita itu ramai dikunjungi visitor. 

Sekian penjelasan dari Blog Pintasku tentang Mengenal Apa itu SERP dan Fungsinya ? Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua. Terimakasih.


3 comments:

  1. info nya keren banget gan :D
    terimakasih INFONYA :D

    ReplyDelete
  2. untuk permulaan sudah memadai untu saya,, thank'gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoo sama- sama gan dan terimakasih sudah berkunjung

      Delete