Mengenal dan Memahami Apa Itu Jquery ?

Mengenal dan Memahami Apa Itu Jquery ? Mungkin bagi orang yang hobby memodifikasi atau membuat website ataupun blog pastinya sudah tidak asing lagi mendengar kata Jquery, tapi bagi sebagian orang yang masih awam (newbe) pastinya bingung Apa sih Jquery ? Oke kali ini Blog Pintasku akan memberikan penjelasan secara ringkas tentang Apa Itu Jquery ?


Apa itu Jquery ?

Jquery adalah suatu framework (library) Javascript yang sangat ringkas dan untuk memanipulasi komponen di HTML. jQuery dirancang untuk membuat penulisan Javascript relatif lebih mudah sesuai dengan slogan dari jQuery yaitu "Write Less, Do More" Maksud dari Slogannya yaitu penulisan lebih sedikit tetapi hasil dari pekerjaanya lebih banyak. Oleh karena itu para Webmaster atau Web Developer selalu menggunakan jQuery. 

jQuery pertama kali diperkenalkan pada bulan January tahun 2006 oleh John Resig Perkemangan Jquery ini juga tidak hanya sebatas dari Framework Javascript melainkan memiliki kehandalan dan kelebihan yang sangat banyak, oleh karena itu jQuery ini sangat terkenal sekarang dan banyak digunakan oleh perusahaan besar seperti Google, Dell, CBS, digg, Netflix, Bank of America, Mozilla, Drupal, dsb. 

JQuery ini bukan hanya terkenal dari kehandalannya tetapi JQuery ini terkenal karena Open Source dengan  lisensi GNU General Public License dan MIT License. Oleh karena itu kita bisa menggunakan JQuery ini untuk pengembangan Web atau Blog kita. 

Untuk Sobat yang masih Newbe atau Awam pastinya akan sulit menerapkan Javascript di Web atau Blog , oleh karena itu JQuery ini sangat bermanfaat, Plugin tambahan seperti JQuery UI (user interface) semakin memudahkan kita mengembangkan website yang cantik dan interaktif. Selain itu tersedia plugin-plugin lain yang makin memperkaya kemampuan jQuery.

Oke untuk sobat yang ingin belajar lebih dalam tentang Apa itu Jquery silahkan Sobat masuk ke situs resmi Jquery di www.jquery.com  Disana sobat bisa mendapatkan panduan dan demo untuk pembelajaran tentang Jquery. Sedangkan untuk Jquery UI sobat bisa mempelajari di situs www.jqueryui.com. Dibawah ini saya akan memberikan contoh Program Jquery di dalam dokumen HTML , silahkan sobat lihat saja dibawah.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<style>
div {
    background-color:#bca;
    width:100px;
    border:1px solid green;
}
</style>
//-- Muat library jQuery versi terakhir
<script src="http://code.jquery.com/jquery-latest.js"></script>
</head>
<body>
<button id="go">&raquo; Demo</button>
<div id="block">Halo!</div>
<script>
$("#go").click(function(){
  $("#block").animate({
    width: "70%",
    opacity: 0.4,
    marginLeft: "0.6in",
    fontSize: "3em",
    borderWidth: "10px"
  }, 1500 );
});
</script>
</body>
</html>

Bagaimana Cara Memasang Jquery di Blog ?

Untuk cara Memasang Jquery di Blog saya akan jelaskan lain kali karena perbedaan topik karena disini saya membahas tentang Apa itu Jquery ? Silahkan sobat kunjungi terus Blog Pintasku untuk mengetahui Update terbaru tentang Jquery dan Javascript.

Sekian artikel saya tentang Mengenal dan Memahami Apa Itu Jquery ? Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua, Terimakasih telah mengunjungi Blog Pintasku.

4 comments: