Pengertian dan Cara Menggunakan LSI Keyword

Kemarin saya sudah membuat artikel tentang Cara Optimasi SEO On Page pada Blog atau Website nahh di dalam artikel tersebut terdapat poin yang mengajukan anda untuk menggunakan LSI Keyword di dalam artikel. Oleh karena itu saya disini akan menjelaskan tentang Pengertian dan Cara Menggunakan LSI Keyword.

Apa Itu LSI Keyword ?

LSI Keyword atau kepanjangan dari Latent Semantic Indexing Keywords adalah Relevensi kata kunci yang ada pada suatu keyword, mudahnya saat Anda mengetikkan kata SEO di  Google maka akan muncul LSI Keywords dibagian akhir halaman atau tepatnya berada di atas pagination halaman Google.

Apa Fungsi LSI Keyword ?

Fungsi LSI keyword adalah untuk membantu blog atau web terhindar dari terkena penalti Search Engine seperti keyword stupping. karena dengan memanfaatkan LSI Keywords maka pengunjung tidak perlu lagi menulis keyword yang sama secara berulang-ulang. Oleh karena itu saya anjurkan ketika membuat artikel sebaiknya di dalam artikel tersebut disertakan LSI Keyword.

Bagaimana Cara Mencari / Menemukan LSI keyword ?

Untuk mencari atau menemukan atau mendapatkan LSI keyword menurut saya cara untuk mendapatkan LSI keyword ada 2 cara, yaitu :
  1. Langsung dengan menggunakan Search Engine (Manual)
  2. Menggunakan Tools (Otomatis)
Saya disini akan mencontohkan Cara Mendapatkan LSI Keywords  dengan menggunakan Search Engine Google, dan kata kunci yang akan saya gunakan On Page.


Lihatlah gambar di atas  anda bisa lihat terdapat 8 Kata Kunci (Keyword) yang  muncul di bagian bawah tab pencarian. Nahh kedelapan Kata kunci yang muncul tersebut adalah LSI Keyword.

Bagaimana cara mendapatkan LSI keywords dengan menggunakan Tools ? Ada banyak Tools untuk mendapatkan LSI Keyword untuk mengetahui apa saja Tools untuk mendapatkan LSI keywords saya akan share nanti saja. tetapi disini saya akan menggunakan tool lsikeywords.com

Menurut saya situs web tersebut memilki Tools LSI Keywords Generator yang ampuh, untuk melakukan research terhadap kata kunci yang kita masukkan, dan akan menampilkan kumpulan LSI Keywords berdasarkan kata kunci yang kita masukkan.

Contohnya saya disini akan menggunakan tool lsikeywords.com dan saya ingin mencari LSI Keywords dari kata kunci SEO Tutorial.
  1. Silahkan Anda kunjungi http://lsikeywords.com

  2. Masukkan kata kunci Anda pada kolom Keywords, lalu jangan lupa atur juga berapa banyak keyword yang akan digenarate, apakah 5 atau 10, sebagai contoh saya menggunakan set default saja yaitu Top 5 Google. Selanjutnya klik submit dan tunggu.

  3. Masukkan keyword tersebut ke dalam artikel

  4. Setelah proses pencarian selesai, maka anda akan disuguhkan ratusan LSI Keywods berdasarkan kata kunci yang anda masukkan tadi, dan langkah selanjutnya silahkan Anda masukkan Keywords tersebut ke dalam artikel dan cara ini akan mengurangi peluang Anda terkena pinalti Keyword Stuffing.
Goolge Keywords Planner juga merupakan salah satu Tools LSI Keywords yang cukup ampuh menurut saya, karena selain menyajikan data mengenai kata kunci terkait, juga memeberikan informasi seputar jumlah pencari kata kunci tersebut, untuk yang ingin belajar menggunakan tool Google Keywords Planner, Saya akan post lain kali hehehe.

Bagaimana Cara Menggunakan LSI Keyword ?

Secara garis besar ada dua cara yang bisa gunakan dalam menerapkan LSI Keywords, cara yang pertama adalah melalui On Page SEO dan cara yang kedua adalah dengan Off Page SEO.

LSI KEYWORD ON-PAGE SEO
  • Anda bisa menerapkan pada bagian Judul Artikel
  • Menyisipkan pada Meta Description dan Meta Tag
  • Menuliskan di bagian awal, tengah dan akhir Artikel
  • Untuk Internal Link (interlinking)
LSI KEYWORD OFF-PAGE SEO
  • Menggunakannya sebagai Anchor Text saat mencari Backlink
  • Memperkaya relevansi content pada halaman yang memberikan Backlink
  • Backlink akan terlihat lebih natural
Intinya dengan menggunakan atau memanfaatkan LSI Keywords makan peluang anda untuk mendapatkan peringkat teratas di dalam Search Engine akan besar karenadengan LSI Keywords artikel yang kita buat akan menjadi kaya akan hal keyword.

Sekian Informasi yang saya sampaikan tentang Pengertian dan Cara Menggunakan LSI Keyword mohon maaf jika ada yang kurang jelas karena saya juga masih baru dalam hal SEO oleh karena itu jika anda memilki pendapat silahkan bagikan di KOMENTAR karena berbagi itu Indah.

1 comment:

  1. mas tanya, yang masih belum saya pahami adalah apakah penulisan keyword itu cukup dengan adanya keyword tersebut di artikel kita, atau harus ditambahi hal lain seperti harus dianggap minor heading kah ?

    ReplyDelete