Cara Optimasi SEO On Page pada Blog atau Website

Kemarin saya sudah menjelaskan tentang 2 Teknik Dasar SEO Search Engine Optimization nahh sekarang saya akan menjelaskan tentang Cara Optimasi SEO On Page pada Blog atau Website.
Sebelum masuk kepenjelasan saya akan menjelaskan secara singkat dulu tentang Optimisasi SEO On Page.


Optimisasi On Page SEO adalah Optimisasi yang dilakukan dari dalam situs anda, contohnya seperti Optimisasi Homepage situs Web atau Blog anda dan Optimisasi Halaman Posting dan merupakan salah satu faktor dari 200 + faktor yang berperan dalam meningkatkan page rank. nahh berikut adalah poin-poin penting dalam melakukan Optimisasi On Page SEO Blog atau Website :

  1. Title Tag
  2. Meta Description
  3. Alamat URL yang singkat dengan struktur mudah dipahami
  4. Tambahkan Gambar pada postingan (Sertakan atribut alt)
  5. H1 tag untuk judul
  6. Penempatan kata kunci pada 100 kata pertama
  7. Membuat artikel  panjang 
  8. Menggunakan long tail keyword untuk judul
  9. Sertakan kata kunci LSI di dalam artikel
  10. Membuat artikel yang berkualitas
1. Title Tag (Judul Postingan)
Gunakanlah Judul Postingan (Title Tag) sebagai kata kunci (Keyword). 

Kenapa Harus Membuat Judul Postingan Sebagai Kata Kunci ? Karena menurut pakar SEO kata kunci (Keyword) yang diletakan di awal judul itu lebih baik daripada kata kunci (keyword) yang diletakan di tengah atau di akhir judul. 

Kenapa kata kunci yang di letakan di judul lebih baik dari pada  kata kunci yang diletakan di tengah atau di akhir ? Karena Search Engine (Google, Yahoo, MSN, dll ) lebih memprioritaskan kata kunci (Keyword) yang diletakan di awal daripada di tengah atau di akhir judul.

Nahh kesimpulan dari Title Tag adalah setiap kita membuat artikel sebaiknya kita gunakan di awal judul artikel supaya lebih SEO Friendly

2. Meta Description
Meta Description adalah pilihan kedua yang akan dipertimbangkan oleh pengunjung ketika mereka menemukan judul artikel anda. Gunakanlah Meta Description untuk menempatkan deskripsi dari judul artikel yang kita buat, panjang meta description sebaiknya 156 karakter dan jangan lupa selalu gunakanlah kata kunci anda di dalam meta description.

3. Alamat URL yang singkat dengan struktur mudah dipahami
Gunakanlah Alamat URL yang berisikan kata kunci anda. Kenapa di Alamat URL harus Berisikan Kata Kunci (Keyword) ? Karena Alamat URL adalah sebuah petunjuk untuk Search Engine mengenai niche dari artikel yang kita buat.

4. Tambahkan Gambar pada Postingan
Tambahkanlah Gambar pada artikel yang dibuat karena gambar pada artikel itu memiliki pengaruh yang besar pada artikel yang anda buat, dan akan membuat artikel yang dibuat lebih hidup atau interaktif dan membuat pengunjung betah berlama-lama di artikel anda maka anda akan mendapatkan nilai plus dari search Engine mengenai Bouncing Out Rates.
Jadi setiap anda membuat artikel diwajibkan menambahkan gambar supaya lebih SEO Friendly artikel yang anda buat dimata Search Engine. dan jangan lupa setiap gambar yang ditambahkan harus menggunakan atribut alt, dan diusahakan nama gambar yang anda tambahkan mengandung unsur kata kunci dari artikel yang anda buat.
Ingat gambar yang anda masukan jangan menggunakan resolusi yang terlalu besar dikarnakan itu sangat berpengaruh terhadap kecepatan loading halaman anda, silahkan anda perkecil dan disesuaikan atau bisa di kompress dulu gambarnya.

5. H1 Tag Untuk Judul
Selalu di usahakanlahh Judul Artikel yang anda buat menggunakan tag H1 dan jumlahnya tidak boleh lebih dari satu. Kenapa harus menggunakan Tag H1 untuk judul artikel ? karena menurut pakar SEO artikel yang judulnya menggunakan tag H1 berpeluang lebih baik daripada artikel yang tidak menggunakan tag H1 sebagai judul.

6. Penempatan kata kunci pada 100 kata pertama
Biasakanlah ketika anda akan membuat artikel sebaiknya di awal artikel anda menempatkan Kata Kunci pada 100 kata pertama . Kenapa harus menempatkan kata kunci pada 100 kata pertama ? Karena Search Engine sangat memperhatikan letak kata kunci pada sebuah artikel dan Search Engine akan mengindikasikan halaman artikel tersebut penting.

7.  Membuat Artikel Panjang
Ketika anda akan membuat artikel saya sarankan anda membuat artikel yang panjang dengan minimal 1500 suku kata. kenapa harus membuat artikel panjang  dengan minimal 1500 suku kata? Karena beberapa Industri yang meneliti tentang SEO bahwa artikel yang mengandung 1500 suku kata pada sebuah halaman memiliki lebih banyak peluang mendapatkan peringkat teratas di Search Engine.

8. Menggunakan Long Tail Keyword untuk Judul
Biasakannlah ketika akan memberikan judul pada artikel mengandung kata kunci dengan minimal 5 suku kata. jadi ketika anda akan memberikan judul para artikel biaskannlah judul tersebut memiliki 5 suku kata.

9. Sertakan LSI Keyword di dalam artikel
Apa itu LSI Keywords ? LSI (Latent Semantic Indexing) Keyword adalah Relevensi kata kunci yang ada pada suatu keyword, mudahnya saat Anda mengetikkan kata SEO di  Google maka akan muncul LSI Keywords dibagian akhir halaman atau tepatnya berada di atas pagination halaman Google.

Untuk Penjelasan Tentang LSI Keyword anda bisa baca pada artikel yang akan saya buat besok dikarnakana sudah larut hehehehe

10. Membuat artikel yang berkualitas
Buatlah artikel yang berkualitas tentunya artikel yang memiliki relevansi baik dengan kata kunci yang akan anda gunakan. Selalu Ingat anda jangan sampai membuat artikel yang asal - asalan atau hasil dari copas karena artikel yang hasil copas itu biasanya anda tidak paham apa yang di jelaskan pada artikel tersebut jadi sebaiknya jika anda ingin copas alangkah lebih baiknya anda sudah memahami artikel yang akan anda Copas.

Untuk Mendapatkan penjelasan lebih lanjut tentang Membuat artikel yang berkualitas anda bisa baca pada artikel tentang Cara Membuat Artikel Berkualitas dan SEO

Sekian informasi yang saya bisa jelaskan tentang Cara Optimasi SEO On Page pada Blog atau Website jika ada yang kurang jelas biasakan BERKOMENTAR.

2 comments:

  1. apa itu tag h1 gan kurang pahama ana,
    visit back bukan-mainan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan baca di : http://pintasku.blogspot.com/2015/03/fungsi-tag-heading-h1-h2-h3-h4-h5-h6.html

      Delete